Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid

Assalamualaikum… (Menjawab salam wajib ya..)
Bertemu lagi di netijen share..Apa kabarnya nih netijen semua???

Langsung aja ya, kali ini saya akan share kepada netijen mengenai hal-hal yang tidak boleh dilakukan seorang perempuan ketika sedang mengalami haid.

Apa aja ya?? Cek yuk!!

Hal-hal yang tidak bolek dilakukan perempuan ketika sedang haid, yaitu:

  1. Sholat. Ini karena ada sebuah hadist Rasulullah saw. yakni “Tinggalkan sholat selama hari-hari kau haid” (HR. Imam al-Bukhari no.325).
  2. Puasa. Saat perempuan haid, ketika di bulan Ramadan, maka seorang perempuan wajib mengganti puasanya yang ditinggalkan.
  3. Membaca Al-Qur’an, memegang dan membawa mushaf. Nah, saya ingatkan selama kita hafalan dan dzikir tidak apa-apa.
  4. Masuk masjid. Nah disini ada perbedaan pendapat dari sebagian ulama. Hal ini haram apabila dilakukan oleh seseorang yang tidak bisa memastikan bahwa darah haidnya tidak akan mengotori masjid. Apabila dapat dipastikan darah itu tidak akan mengotori masjid, ada yang membolehkan ada yang tidak.
  5. Thowaf. Rasulullah pernah bersabda kepada Sayyidah Aisyah ra. Ketika beliau sedang haid saat berhaji “Lakukan apapun yang dilakukan oleh orang yang berhaji, hanya saja jangan berthowaf di Baitullah sampai kau suci,” (HP. Imam al-Bukhori no.1650 dan Imam Muslim no.1211).
  6. Berhubungan badan antara suami istri. Dijelaskan pada QS. Al Baqarah ayat 222 yaitu “Hendaklah kalian menjauhkan diri dari perempuan di waktu haid.” Dan dijelaskan oleh Rasulullah saw. “Lakukan apapun, kecuali berbuhungan intim.” (HR. Imam Muslim no.302). Ketika seorang suami tetap menyetubuhi istrinya pada waktu haid, padahal tahu itu haram, maka ia telah melakukan doasa besar.

Itu ya netijen, dibaca dengan cermat sampek selesai. Semoga bermanfaat!! Semoga dapat menambah wawasan kita semua.Wassalamualaikum


You May Also Like

About the Author: Indah Uminaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *