Belajar Bahasa Pemrograman Python Dan Seluk Beluknya

Belajar Bahasa Pemrograman Python Dan Seluk Beluknya

Anda ingin mempelajari bahasa pemrograman satu ini tapi masih bingung mulai dari mana? Tidak usah bingung, dengan membaca artikel dibawah ini Anda akan diajak untuk memahami sekelumit dunia pemrograman yang dianggap susah bagi sebagian orang terutama python. Apa itu python, bagaimana cara membuat program python, dll kita akan membahasnya disini satu persatu.Apa sih sebenarnya python itu? Python adalah bahasa pemrograman yang dicanangkan pertama kali oleh Guido van Rossum. Meskipun python adalah sebuah nama bahasa pemrograman, namun python bukanlah bahasa pemrograman yang sulit dan ribet seperti halnya bahasa pemrograman lain. Python sangatlah mudah dipelajari karena memiliki struktur sintak yang rapi. Python ini banyak digunakan untuk berbagai macam program yang tidak asing lagi seperti aplikasi mobile, web, game, dan lain sebagainya. Dan yang tidak kalah penting adalah python ini cocok bagi Anda para pemula yang belum pernah mempraktekkan coding sama sekali, seperti saya sebelumnya,hehe.

 

Bahasa pemrograman python selain mudah dipelajari juga merupakan bahasa pemrograman yang sangat sederhana. Dengan python pekerjaan juga menjadi jauh lebih cepat dan efektif.

Selain itu python juga sudah banyak digunakan diperusahaan- perusahaan besar lho!. Itulah alasan mengapa Anda harus mempelajari python. Bahkan, jika Anda hanya penasaran dan ingin tahu saja tentang bahasa pemrograman, Anda bisa memilih python untuk dipelajari terlebih dahulu.

Selanjutnya, apa saja alat yang dibutuhkan untuk mempelajari bahasa pemrograman satu ini? Yang pertama yaitu python, yang merupakan interpreter yang nantinya akan menerjemahkan bahasa python ke bahasa mesin sehingga program ini bisa dijalankan. Yang kedua yaitu teks editor atau IDE, merupakan program yang nantinya akan digunakan untuk menulis kode.

Kemudian bagaimanakah cara menginstall python? Jika Anda pengguna Linux, maka python ini tidak perlu lagi diinstal karena mereka sudah menyediakannya secara default. Cara melihatnya yaitu dengan mengetikkan perintah python –version di terminal. Bagi Anda pengguna windows Anda tentu harus menginstallnya terlebih dahulu. Silahkan cari panduannya digoogle ya! Jangan lupa siapkan juga teks editor untuk menulis kode. Anda bisa menggunakan apa saja, bisa word atau bahkan notepad pun juga bisa. Selain teks editor Anda juga bisa menggunakan IDE atau Integereted Development Environment.

Kemudian apalagi yang harus diketahui dari Bahasa pemrograman python ini? selanjutnya yaitu pengenalan mode interaktif python. Mode ini adalah fitur python sebagai tempat untuk menuliskan kode secara interaktif. Fitur ini lazim dikenal dengan Shell, Console, REPL, interpreter, dan lain sebagainya. Adapun cara membukanya yaitu dengan memberi perintah python pada terminal. Sedangkan untuk keluar gunakan Ctrl+d atau berikan perintah exit(). Tanda >>>, berarti python sudah siap menerima perintah. Coba Anda ketik print “Hai Guyz” kemudian tekan Enter. Maka perintah tadi akan langsung dieksekusi dan akan muncul hasilnya.

Selanjutnya ada dua fungsi yang digunakan untuk mencari bantuan yaitu fungsi dir() untuk melihat fungsi apa saja yang tersedia pada sebuah modul dan fungsi help() untuk membuka dokumentasi suatu fungsi. Contohnya saja kita ingin mengetahui cara menggunakan fungsi pow(), maka kita harus mengetikkan help(math.pow). Dan hasilnyapun akan langsung muncul. Jika Anda ingin keluar dari dokumentasi maka Anda bisa menekan huruf q.

Demikian artikel tentang belajar bahasa pemrograman python. Semoga Anda mudah memahaminya dan bisa mempraktekkannya langsung ya!. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: juonjr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: